Dwikers
Dampak Hasil Rapor Pendidikan

Dampak Hasil Rapor Pendidikan

Hasil Rapor SMPN 2 Kersamanah

Rapor Pendidikan merupakan penyempurnaan dari rapor mutu pendidikan yang mana merupakan suatu perangkat yang menyediakan data laporan hasil evaluasi pendidikan dan merupakan sistem evaluasi pendidikan yang baru lebih menekankan pada hasil mutu pendidikan dan faktor pendukung yang terintegrasi.

Penilaian Kualitas atau mutu suatu pendidikan di lihat dari indikator-indikator yang diturunkan dari 8 Standar Nasional Pendidikan yaitu :

  1. Standar Isi;
  2. Standar Kompetensi Lulusan;
  3. Standar Proses;
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  5. Standar Sarana dan Prasarana;
  6. Standar Pengelolaan;
  7. Standar Pembiayaan;
  8. Standar Penilaian.

Rapor pendidikan mengukur Indikator-indikator ayang disusun berdasarkan input, proses dan output pendidikan.
Keuntungan adanya Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan yaitu dapat dijadikan sebagai :

  1. Suatu informasi yang dapat dijadikan rujukan atau sumber acuan, yang seringkita sebut referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan,
  2. Satu-satunya perangkat untuk melihat hasil Asesmen Nasional,
  3. Sumber data yang objektif dan andal,
  4. Suatu Instrumen measurement untuk evaluasi sistem pendidikan secara komprehensif baik untuk evaluasi internal maupun eksternal,
  5. Suatu Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output),
  6. Perangkat atau Platform penyajian data yang sentralistik, dimana satuan pendidikan tidak perlu menggunakan beragam aplikasi sehingga diharapkan dapat meringankan beban administrasi.

Setiap sekolah telah melaksanakan Asesmen terhadap peserta didik dengan menggunakan Asesmen Nasional (AN) terutama dalam Literasi, Numerasi yang merupakan dasar dari kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik (PD) dan Survei Karakter Serta Survei Lingkungan Belajar (SLB) terhadap Guru untuk mengukur sejauhmana mutu suatu pendidikan.

Rapor Pendidikan diharapkan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap satuan pendidikan. Dengan adanya rapor tersebut Satuan Pendidikan (SP) dapat terus meningkatkan hasil penilaian indikator dengan membuat inovasi atau meningkatkan indikator lain yang kurang baik.
Selain itu, suatu satuan pendidikan setelah melihat rapor pendidikan dapat melakukan refleksi dan evaluasi dari kualitas pendidikan, serta dapat merencanakan kegiatan yang berbasis data yang tepat dan akurat, dengan kata lain bahwa rapor pendidikan berdampak terhadap kualitas mutu satuan pendidikan.

SMPN 2 Kersamanah salah satu satuan pendidikan melaksanakan pengukuran denga AN dan SLB untuk melihat seberapa besar kualitas mutu pendidikan yang ada di satuan pendidikan tersebut. Berikut adalah ringkasan dan penjelasan Kualitas Pendidikan di SMPN 2 Kersamanah yang telah tergambar dari hasil rapor pendidikan.

literasi

Kemampuan Literasi di SMPN 2 Kersamanah sudah tercapai bahkan jauh lebih besar dari satuan pendidikan yang serupa

Untuk lebih Detail melihat Rapor Pendidikan SMPN 2 Kersamanah, dapat di lihat dibawah ini :

Penjelasan Lain bisa di Kunjungi Video Berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page