MPLS PANDEMI COVID-19

Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah berakhir pada tanggal 3 Juli 2021, dilanjutkan dengan Pengumuman PPDB secara Daring di alamat : Pengumuman Kelulusan PPDB Online (smpn2kersamanah.sch.id) dan Luring ( diwakili oleh setiap Guru SD) dengan penjadwalan yang ditetapkan oleh pihak sekolah SM Negeri 2 Kersamanah.

PPDB sekarang tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya karena suasana yang masih dalam Pandemi Covid-19. Setelah pengumuman berlangsung dilanjutkan dengan kegiatan Daftar Ulang yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2021 sampai dengan 17 Juli 2021, dengan diterapkannya protokol kesehatan (prokes) untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Setelah Daftar Ulang nanti dilakukan, selanjutnya Pihak Sekolah akan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tanggal 19-21 Juli 2021 sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan pada Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Ajaran 2021/2022. Untuk mencegak penyebaran virus corona di lingkungan sekolah, MPLS yang akan dilakukan pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah, baik menggunakan metode Luring (MPLS Luring) ataupun Daring (MPLS Daring).

Kegiatan MPLS yang dilaksanakan tidak terlepas dari tujuan Pendidikan Nasional, dimana kegiatannya merupakan kegiatan yang Edukatif dan Kreatif untuk mewujudkan Sekolah sebagai tempat belajar yang ramah lingkungan dan nyaman bagi peserta didik, dengan mengacu pada pada Permendikbud No.18 Tahun 2016.

Tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Daring atau Luring adalah :

  1. Pengenalan Lingkungan Sekolah;
  2. Pendidikan Keluarga; dan
  3. Mengutamakan Penghargaan bukan Hukuman.

Selain itu tujuan dari MPLS itu sendiri adalah :

Tujuan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru, antara lain:

  1. Mengenali potensi diri peserta didik baru; 
  2. Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; 
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara elajar efektif sebagai peserta didik baru; 
  4. Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya; 
  5. Menumbuhkan perilaku positif, antara lain: kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memilki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page