TUGAS IPA KELAS 7

TUGAS IPA KELAS 7

TUGAS DARING IPA (ORGANISASI KEHIDUPAN)

Assalaamu’alaikum Warohmatulloohi Wabarokatuh.

Selamat Pagi Anak-anakku semoga hari ini dan hari-hari selanjutnya kita selalu diberikan kesehatan dan diberikan semangat untuk terus belajar walaupun kali ini pembelajaran kita terbatas kembali.

Sebelum Belajar tak lupa kita harus senantiasa berdo’a agar apa yang kita pelajari menjadi ilmu yang bermanfaat. aamiin. Selalu berusaha dan giat untuk belajar demi cita-cita kita dapat tercapai.

Pembelajaran hari ini adalah Materi Organisasi Kehidupan dan silahkan Anak-anakku untuk membaca, Mencatat dan mepelajarinya. Kemudian silahkan isi tugas/ pertanyaan yang ada di halaman berikutnya.

1. Pengertian Sel

Robert Hooke (1665) pertama kali mengamati sel gabus pada tumbuhan.

Mathias Schleiden & Thomas Schwann (1839) menyimpulkan bahwa sel merupakan unit terkecil.

Setiap sel terdiri dari cairan yang disebut sitoplasma, membran, serta inti nukleus (atau bahan inti). Berdasarkan ada tidaknya membran yang melindungi nukleus, sel dibagi menjadi :

Prokariotmerupakan sel yang tidak memiliki membran nukleus. Misalnya bakteri dan alga biru.

Eukariotmerupakan sel yang nukleusnya bermembran. Misalnya hewan dan tumbuhan.

Secara umum, sel tersusun dari membran dan protoplasma. Protoplasma terdiri dari sitoplasma (cairan sel) dan organel-organel. Organel merupakan bagian sel yang berfungsi khusus.

2. Organel-organel Sel

a. Membran Sel

Membran sel tersusun atas fosfor, lemak (lipid), karbohidrat, dan protein. Membran sel berfungsi sebagai pelindung dan pengatur lalu lintas zat yang keluar masuk sel. Membran sel bersifat semipermeabel. Artinya, membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu.

b. Sitoplasma

Sitoplasma merupakan cairan sel. Sitoplasma mengandung berbagai macam zat, di antaranya protein, lemak, karbohidrat, zat-zat anorganik, enzim, vitamin, dan hormon. Sitoplasma berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel karena organel sel terdapat di sitoplasma.

c. Nukleus

Nukleus tersusun atas membran, cairan inti (nukleoplasma), kromosom, dan anak inti (nukleolus). Cairan inti tersusun atas air, protein, dan mineral. Kromosommerupakan pembawa sifat menurun, yang tersusun atas benang-benang kromatin. Nukleolus berperan dalam pembuatan komponen ribosom.

d. Mitokondria

Mitokondria adalah organel bermembran yang berfungsi sebagai tempat penghasil energi. Semakin aktif suatu sel, semakin banyak mitokondrianya.

e. Ribosom

f. Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma merupakan saluran berliku yang membentang dari inti sel menuju ke sitoplasma. Ada dua tipe RE, yaitu RE kasar dan halus. Pada membran RE kasar, terdapat ribosom. RE halus tidak ditempeli ribosom. RE berperan untuk membuat dan menyalurkan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh organel-organel sel.

g. Badan Golgi

Badan Golgi berbentuk seperti kumpulan kantong yang bertumpuktumpuk. Badan Golgi berperan untuk memodifikasi bahan-bahan yang dihasilkan oleh RE dan menyalurkannya ke organel-organel yang membutuhkan.

h. Lisosom

Lisosom merupakan organel berbentuk kantong yang berisi enzim pencernaan. Lisosom berfungsi untuk mencerna zat sisa, makanan, atau zat asing. Jika lisosom pecah, enzim di dalamnya akan mencerna atau menghancurkan organel sel dan akibatnya sel akan mati. Lisosom hanya terdapat pada sel hewan.

i. Sentriol

Sentriol berperan dalam pembelahan sel. Sentriol hanya dimiliki oleh sel hewan.

j. Vakuola

Vakuola berarti ruangan sel. Pada tumbuhan yang sudah tua, vakuola berukuran besar dan berisi cadangan makanan. Sedangkan pada sel hewan, vakuola berukuran kecil. Pada protozoa, terdapat dua jenis vakuola, yaitu sebagai berikut. Vakuola makanan berfungsi untuk mencerna makanan.

Vakuola kontraktil berfungsi mengeluarkan zat sisa dan mengatur keseimbangan air dalam sel.

k. Plastida

Plastida hanya terdapat pada tumbuhan. Plastida mengandung pigmen tertentu. Kloroplasmerupakan plastida yang berwarna hijau karena memiliki klorofil dan berperan dalam proses fotosintesis. Kromoplasberwarna kuning karena memiliki pigmen xantofil. Leukoplasberfungsi sebagai tempat cadangan makanan.

l. Dinding Sel

Membran sel tumbuhan dilindungi oleh dinding sel. Selain melindungi sel, dinding sel juga menjaga bentuk sel tumbuhan tidak berubah dan kaku.

Bisa kita lihat perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan pada tabel berikut :

ISILAH TUGAS BERIKUT :

You cannot copy content of this page